en-USid-ID

Enter Title

Pelabuhan

Pelabuhan (Terminal Khusus)

Overland Conveyor System (OLCs)

Sebagai fasilitas lanjutan dari jalan angkut batubara, fasilitas OLC mengangkut batubara dengan sistem ban berjalan dari lokasi dumping batubara di ujung jalan angkut menuju ke stockpile di area Tersus. Desain sistem ini berkapasitas angkut 3.000 ton per jam dilengkapi dengan dumping station di seberang pelabuhan batubara yang dapat menampung batubara yang diangkut oleh truk melalui Jalan 5. Adapun fasilitas stockpile batubara yang ada dapat menampung 15.000 ton (natural) dan dapat di perluas menjadi 75.000 ton. Detil desain dari overland conveyor system dijelaskan pada tabel berikut :

Basic Data Energy Conservation Belt Common Belt
Design Capacity Q(t/h) 3000
Belt Width B (m) 1.4
Speed V (m/s) 5.6
Length L (m) 1 200
Lift H (m) -20
Material Density T / M3 0.835
Driving Type Four in head, one for standby, tow in tail, one for standby
Belt Type ST (N/mm) ST 2500 ST 3500
Belt Safety Factor 7.26 7.17
Idler Dia./Shaft Dia. D*d (mm) ?194*35
Distance between carrying idlers m 2
Distance between return idlers m 4
Motor Power P (kw) 4x1000 (two is standby) 4x1320 (two is standby)
Motor Qua. 4 (two is standby)
Driving Layout See The Drawing Before
CST CST - 1000K CST - 1120K
Ration 19.635 19.714
The Dia. Of Driving Pulley mm ? 1400
Take Type Tower & Winch


Overland Conveyor System

Overland Conveyor System

Overland Conveyor System



Barge Loading Conveyor System (BLCs)

Guna mencapai target produksi batubara sampai dengan 15 juta ton per tahun, maka di area pelabuhan khusus telah dibangun fasilitas pemuatan batubara ke tongkang dengan sistem ban berjalan (Barge Loading Conveyor System). Fasilitas yang terbentang dari pantai sampai dengan 873 meter dari tepi pantai menjorok ke laut (Samudera Hindia) ini memiliki barge loader yang memungkinkan untuk melakukan pemuatan batubara ke tongkang maksimum 8.000 DWT dengan kecepatan 4.500 ton per jam.

Barge Loading Conveyor System

Barge Loading Conveyor System

Barge Loading Conveyor System


Pembangunan barge loading conveyor ini terdiri dari fasilitas sebagai berikut :

  • Coal handling facilities, merupakan bagian dari sistem ini yang terdiri dari :
    • Stacking conveyor, 1600 mm, 4000 Tph
    • Reclaim conveyor, 1200 mm, 1500 Tph
    • Two chain feeder @1000 Tph
    • Metal detector
    • Cross Belt Sampler
    • Tripper
    • Barge Loader Conveyor, 1600, 4500 Tph
  • Trestle

    Fasilitas ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara pantai dengan jetty (dermaga) di arah laut. Lebar dari trestle dapat di-akses oleh kendaraan ringan (light vehicle) sampai dengan ujung jetty dan dilengkapi dengan handrail dan lampu yang cukup untuk mendukung kegiatan operasional di malam hari.

  • Platform

    Jetty atau dermaga dibangun untuk memposisikan barge loader kapasitas 4.500 Tph dengan sistem loading menggunakan twin-arm Travelling Barge-loader yang memungkinkan untuk melakukan loading tanpa perlu melakukan manuver dari barge/tongkang. Loader akan bergerak sejajar dengan tongkang dan batubara akan dicurahkan ke atas tongkang secara merata dari haluan sampai buritan. Jetty ini dibuat untuk dapat menyandarkan tongkang kapasitas 8.000 DWT di kedua sisinya, dan dilengkapi dengan handrail dan lampu agar dapat beroperasi di malam hari.

  • Berthing Dolphin

    Untuk memudahkan proses operasional dan perawatan dari BLCs, jetty telah di-desain untuk empat unit berthing dolphin di kedua sisi jetty dilengkapi dengan pneumatic fender, yang akan meredam hantaman tongkang ke dolphin. Spesifikasi pneumatic fender yang digunakan adalah diameter 2.500 mm, panjang 5.500 mm, dan rated reacted force 2.560 kNm. Pada berthing dolphin di bagian terluar dipasang mooring winch dan bollard yang digunakan untuk membantu proses merapat tongkang ke jetty. Untuk memudahkan kegiatan operasional maka setiap berthing dolphin dihubungkan dengan jetty dengan menggunakan catwalk.

  • Mooring Doplhine

    Fasilitas BLCS ini dilengkapi dengan dua mooring dolphin di kedua sisi di belakang jetty dan dua mooring dolphin (yang disatukan) di depan jetty arah laut dan dipasang winch dan bollard di setiap mooring dolphin. Mekanisme merapatkan tongkang dilakukan dengan sistem mooring Winch, yaitu sebuah sistem yang dapat membantu proses tongkang merapat ke jetty dengan melemparkan tali tambat dari berthing dolphin ke tongkang, bukan sebaliknya.

Fasilitas Pendukung Terminal Khusus

Untuk mendukung jalannya operasional pengangkutan batubara di area Tersus batubara, maka dilakukan pembangunan fasilitas pendukung di pelabuhan sebagai berikut :

  • Pembangunan kantor, mess, dan kantin karyawan

    Kantor di pelabuhan digunakan sebagai kantor operasional Divisi Port Operation untuk mengelola jalannya operasional di pelabuhan khusus ini selama 24 jam setiap harinya. Mess karyawan dibangun di belakang perkantoran sebagai tempat karyawan beristirahat dengan kapasitas 50 karyawan. Untuk mendukung kinerja karyawan dalam menjalankan tugasnya disediakan kantin.

  • Pembangunan Mushalla

    Mushalla dibangun sebagai tempat karyawan menjalankan ibadah shalat. Terdapat 2 mushalla di pelabuhan dengan lokasi di dekat mess karyawan dan di lapangan untuk mendukung karyawan yang sedang melakukan pekerjaan.

  • Pembangunan rumah genset

    Rumah genset dengan menggunakan 4 genset model CAT 3516 dan kapasitas 4 x 1825 Kva/1460 kW, 400 V, 50 Hz, 1500 rpm, max load 80% dibangun sebagai sumber daya utama mendukung berjalannya operasional menggunakan overland conveyor dan barge loader conveyor.

  • Pembangunan unit pengolah limbah cair

    Pembangunan unit pengolah limbah cair di bangun di area pelabuhan dibangun sebagai fasilitas agar buangan air dari operasional di pelabuhan tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Fasilitas ini dibangun dengan Design flow : 60 m3/hari, Influebt BOD : 300 mg/Lt, dan Effluent BOD : 20 mg/Lt.

  • Pembangunan workshop dan warehouse

    Untuk mendukung kegiatan operasional diarea pelabuhan maka dibangun workshop sebagai sarana untuk bengkel perbaikan alat atau equipment selama masa operasional perusahaan. Selain itu dibangun pula warehouse seluas 0.032 Ha sebagai tempat penyimpanan material yang akan digunakan pada kegiatan operasional.

  • Pembangunan settling pond

    Fasilitas ini dibangun sebagai sarana untuk pengelolahan limbah air dari drainage stockpile sehingga air yang dihasilkan secara tidak mempunyai dampak terhadap lingkungan.

MIFABottomIndo